Jumat, 16 Desember 2011

refleksi persentasi kelompok 3,4,5,6

Cahaya dan suhu
Pada persetasi kelompok 3 kemarin priska menjelaskan bahwa lingkungan abiotik adalah segala sesuatu yang tidak mengalami pertumbuhan, sedangkan cahaya adalah sumber energi untuk semua ekosistem. Dan priska juga menerangkan bahwa heliopita adalah tumbuhan yang hidup di tumbuhan terbuka.
Di dalam persentasi kaliini juga mengatakan bahwa peranan cahaya adalah
1.       foto perodism adalah lamanya penyinaran 24 jam mempengaruhi cahaya secara luas.
Sedangkan veni mengatakan bahwaaa berdasrkan panjang hari
·         Berhari pendek contohnya jagung
·         Berhari panjang contohnya 16 jam contohnya selada.
·         Berhari sedang contohnya 12 jam tebu dan kacang.
·         Berhari netral tidak responsif dengan cahaya contoh tanamanya mentimun,dan lain-lain. semoga kelompok minggu depan lebih baik lagi dari kelompok sebelumnya....



2.      Foto energetic.
3.      Foto morfogenesis.AdA empat penerima cahaya dalam tubuh fitokrom
 contohnya warna merah dan biru sedangkan yang merah contohnya tumbuhan biji”an
Kriptokrom dan penerimaan cahaya uu/B.
4.      Fototropisme terjadi secara positif dan negatif, contoh dari positif terjadi di batang, sedangkan negatif terjadi di pergerakan akar, mereka juga menunjukan vidio pada contoh ini dan p. Husama juga mengatakan good pada kesempatan itu.
Fungsi dari fotokropisme adalah pengontrol cahaya, air, suhu,terhadap organisme.
Organisme terbagi menjadi organisme poikilotermik dan stenotermik.
      Pada persentasi kelompok 3 ini eka menjelaskan bahwa variasi suhu menyebabkan atu mempengaruhi komposisi dalam warna tanah, suhu, dan tumbuhan dalam suhu 8oc – 30oc.
Eka juga menjelaskan bahwa tumbuhan membutuhkan suhu optimum,suhu minimum dan juga suhu maksium.
Themopeodisme merupakan kondisi yang dipengaruhi dulu siang dan malam.
Eka juga menyampaikan dalam persentasinya kalau kerusakan tanaman itu di pengaruhi hal-hal seperti :
 sufakasi, contohnya seperti salju.
Desukurasi contohnya seperti apsomsi air terhambat, heaving contonya hubungan akar dan tanaman terputus, dan masih banyak yang lainya eka mengatakan sperti itu.


 REFLEKSI KELOMPOK 4: ATMOSFER DAN AIR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN

Anik mengatakan dalam diskusi kelompok 4 atmosfer dan air yang mempengaruhi tumbuhan mempuyai beberapa faktor yaitu faktor abiotik dan faktor biotik.
Sadangkan atmosfer itu sendiri kata anik adalah lapisan yang menyelubungi bumi yang terdiri dari lapisan oksigen,nitrogen,argon dan karbon dioksida.Dan anik juga menjelaskan bahwa stratifikas atmosfer itu sendiri mengambarkan struktur atmosfer yanng mempunyai lapisan yang berbeda-beda seperti: troposfer, stratofer, mesosfer,themosfer dan eksosfer.
Dan ika juga menjelaskan bahwa atmosfer dapat berubah-ubah karna adanya pengaruh suhu yang di akibatkan oleh efek rumah kaca.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan seperti agin yang merupakan pengerakan mendatar dari bagian udara. Agin juga mempengaruhi air, siklus airhidrologi sirkulasi air tidak pernah berhenti dan bergerak secara aktif, ada tiga yaitu cara Evaporas/transpirasi, kemudian Infiltrasi yaitu perkolosis dalam tanah dan Air permukaan.
Sedangkan air digolongkan menjadi 2 yaitu air tanah dan air permukaan.
Dan enggar jugga menjelaskan tentang bagai mana peranan air dalam tumbuhan yaitu sebgai enzim pereaksi dalam reaksi menurut karakteristik tumbuhan itu sendiri yaitu :
Hidrofita : tumbuhan yang hidupnya di air, daun dan lain- lain.
Halofita : tumbuhan yang hidup di garam tinggi.
Xetofita : tumbuhan yang hidup di daerah kering. Dan yang terahir meesofita tumbuhan yang hidup di daerah gurun.




Hasil Refleksi Kelompok 5
Faktor Edafik atau tanah
kelompok 5 yang terdiri dari Neni, Susan Aminah, Ayun, dan Ilham. Bahasan dan cara penyampean kelompok ini cukup menarik, dan di lengkapi dengan penjelasaan-san yang sangat relefan. Pada sesi pertanyaan saya igin bertanya dan ternyata saya kurang berhuntung sehingga tidak mendapat kesempatan untuk bertanya.
Pada diskusi  kelompok 5 ini Dimas  bertanya pada para pemanteri tentang kandungan tanah pada profil horizon O,A,E,B,C dan R. pada presentasi telah dijelaskan kandungan pada masing-masing horizon itu berbeda-beda. Pada horizon A tanah mengandung banyak humus, horizon E mengandung silikat, besi, alumunium, Horizon B mengandung besi, horizon C terdiri dari sedimen batu-batuan, dan yang terakhir adalah horizon R yang tidak mengandung mineral hanya bebatuan keras.
Pertanyaan berikutnya dari Indri: Mengapa semakin ke bawah lapisan tanah semakin sedikit organismenya?. yang kemudian di jawab oleh pemateri yaitu karena unsure mineral tanah semakin sedikit untuk kelangsungan hidup organism. Akar tumbuhan hanya bisa menembus terbatas pada horizon E.
Di sambung dengan pertanyaan dari Hatta, sampai horizon berapa air dapat menembus? Dijawab oleh neni yaitu sampai pada horizon B. Kemudian hendy menambahi jawaban dari pemateri. Menurut hendy air dapat menembus tanah dipengaruhi oleh struktur tanahnya juga. Ada lapisan tanah yang kedap air yaitu pada horizon C dan R yang terdiri dari batu-batuan sehingga air tidak dapat menembus.Dari hasil persentasi kelompok ini saya mendapat tambahan ilmu baru tentang kandungan tanah atau tingkat-tingkatan tanah itu sendiri.

Hasil Refleksi Kelompok 6
Populasi

Pada sesi Tanya jawab (dista) mengajukan pertanyaan tentang grafik yang dijelaskan oleh fitri. Factor apa yang menyebabkan terjadinya grafik membentuk huruf J dan huruf S? Pertanyaan di jawab rekan saya fitri : pada grafik eksponensial dipengaruhi oleh kelahiran tumbuhan yang terus meningkat sampai adanya factor pembatas yang menyebabkan kematian tumbuhan. Sehingga grafik membentuk huruf J yang artinya pertumbuhan terus meningkat. Sedangkan pada grafik sigmoid: pertama terjadi pertumbuhan tumbuhan yang lambat yang dipengaruhi oleh lingkungan yaitu persaingan individu. Kedua jika kondisi lingkngan mendukung maka terjadi petumbuhan lagi dengan natalitas tertentu sampai pada bertemu lagi kondisi lingungan yang tidak mendukung dan terjadi kematian (mortalitas) tumbuhan. Pertumbuhan yang naik turun ini menyebabkan terjadi grafik yang membentuh huruf S.
Emudian chasan yang menanyakan tentang factor yang mempengaruhi populasi meliputi biotik juga, bagai mana menurut kelompok anda????
Lalu saya menjawab (siti) faktor-faktor biotik ini sendiri termasuk ke dalam faktor natalitas dan mortalitas dan chasan menerimanya, karna pada dasarnya setandar dengan haad out yang ada.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar